Senin, 09 Mei 2016

Tahu Tentang Launchpad?


Ngomongin tentang musik EDM, banyak DJ atau producer music yang saat ini sering pake launchpad buat mainin musiknya. Hmmm tapi apasih launchpad itu? Nah, bagi yang penasaran, Launchpad itu berguna sebagai alat memainkan music, alat buat nge-DJ dan alat buat mengaransemen sebuah lagu guys. Whooaaa keewwll abeesss! :D

Perkembangnya alat musik ini bermula dari tren musik EDM tapi ini versi murahnya hehehe. Karena peralatan nge-DJ itu mahal guys, gak jarang lho para penggemar musik ini rela beli Launchpad yang harganya agak miring lah yaa untuk menciptakan music yang hacep nih kalo kata anak jaman sekarang :D

Di kalangan para disc jockey (DJ), Launchpad jadi tren baru yang menunjang performance mereka di atas stage. Nggak heran, sejak diluncurkan pada tahun 2009 oleh novation, beragam jenis launchpad jadi andalan banyak DJ besar dunia. Well, apasih kelebihannya?

Satu Alat Beragam Fungsi
Kalau biasanya sebuah DJ set terdiri dari rangkaian DJ Mixer, MIDI controller, effect generator dan alat lainnya, sebuah launchpad bisa menggantikan fungsi beberapa alat tersebut sekaligus. Tombol (pad) pada pad yang berjumlah banyak bisa digunakan untuk clipping, mixing, eksekusi drum pattern, trigger loops, mapping dan menggerakkan parameter seperti fade atau cross. Kerennya, semua itu bisa diprogram sesuai keinginan dengan bantuan software.
Pengaturan Set Personal
Nggak hanya bisa digunakan untuk mixing, sebuah launchpad bisa diprogram buat mengeluarkan suara yang benar benar unik.That’s why, setting pada sebuah launchpad benar banar dapat diatur secara personal. Hal itu bikin setiap DJ yang akan manggung menggunakan launchpad, harus terlebu dahulu memasukan pengaturan suara dan mapping effect lainnya kedalam setiap pad. Dengan menggunakan software, launchpad juga bisa menyimpan fungsi preset yang pastinya bikin penggunanya lebih mudah mengganti ganti effect secara live.
Support Tampilan Visual Saat Perform
Selain sebagai alat ‘bermusik’, launchpad juga bisa membantu penampilan visual dari DJ yang memainkannya. Soalnya, setiap pad pada launchpad memiliki pencahayaan yang bisa diatur warna, intensitas dan pola nya. Jadi, saat dimainkan, launchpad juga bakal menghasilkan pola pola cahaya yang unik dan menarik. FYI, pola cahaya ini sendiri rupanya merupakan hasil mapping yang diprogram menggunakan software. Fungsinya adalah untuk memberikan tanda pada setiap effect dan bunyi dari setiap pad.

Nah, salah satu penikmat musik dan yang selalu berkarya menggunakan Launchpad adalah Ananta Giovanni  Pranaya. Yak, lelaki jurusan Sound Design dari UPH Jakarta ini mulai hits di dunia per-instagram-an sejak ia mulai menggeluti alat musik Launchpad lhoh! Coba cek deh di instagram-nya @anantavinnie yang ada banyak banget cover lagu yang dia aransemen mulai dari lagu barat, lagu musisi Indonesia, hingga jingle-jingle produk lho! Hahahaha hacep pol pokoke :D Dari instagram, akhirnya aku kepo-kepo dia dan ada satu lagu Indonesia favorit aku juga yang di aransemen sedemikian rupa hingga jadi beda banget. Mau tau apa? Yuk, intip video di bawah ini!


Lagu Kesempurnaan Cinta milik Rizky Febian aja bisa jadi versi yang keren banget ya, guys! Ini bukti bahwa ternyata nggak hanya berkiblat pada musik barat yaa, justru Indonesia memiliki banyak bibit-bibit musisi yang bisa go international lho! Jadi kalian harus tetep bangga dengan musik Indonesia, karena #LongLiveLocalMusic ;) (*liarenyapril)
Unknown Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

25 komentar:

  1. Taauu kaak, tanpa launchpad rasanya musik EDM kurang hacep ahahaha

    BalasHapus
  2. sedikit tahu sih tentang alat ini, tapi yang bentukannya kayak game jaman anak 90'an gitu deh,,, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak bener bgt, sekarang udah ada juga di google play bagi pengguna Android dan iPhone hihihi

      Hapus
  3. asik nih musiknya rizky febian jdi begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hacep yaaa dek trias ayo joget ajeb ajeb :D

      Hapus
  4. aku pernah nyoba launcpad,,,tapi pake app di playstore dan itu asik bngt min mainnya

    BalasHapus
  5. Lagi booming ya mbakli launchpad. Oiya ngomong-ngomong soal launchpad, aku mau rekom nih, temenku SMKN 12 juga penggiat launchpad. Namanya Alfy Rev, coba search youtube. Keren banget karya2nya, dan ini aseli Indonesia (Surabaya).

    And than, jangan lupa berkunjung juga yaa di blog saya https://wetewee.blogspot.co.id/ . Thankyou :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren-keren! asli suroboyo mantaappp

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. alfy rev kelahiran tahun brp ya

      Hapus
    4. Saya sudah lihat video2nya d YouTube, keren bang!

      Hapus
  6. kalo beli launchpad nya udah dapet kaset drivernya belom yah? apa harus download di google? atau bahkan beli di web novation nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh include software ableton yg lite gan. Kalo mw upgrade ke full 100usd doang (termasuk murah, soalnya klo beli cd yg full ver 800usd)

      Hapus
    2. Sorry salah bro, hrs DL di website nya, kita dikasih serial code nya

      Hapus
  7. Mau nanya nih tau unipad ga? Launchpad gitu tpi di android.. nah mau nanyaa key nya itu atau padnya di unipad sama ga kayak di launchpad.. kaloo sama mau belii soalnya hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. sma mas, dri android langsung singkron ke launchpad, menggunakan kabel otg

      Hapus
    2. sma mas, dri android langsung singkron ke launchpad, menggunakan kabel otg

      Hapus
  8. mau nanya mas, dikisaran harga berapa ya.......

    BalasHapus
  9. kalau untuk pemula baiknya yang type apa ya .....................

    BalasHapus